ASRUL NUR IBRAHIM


SEPTEMBER 2011 - JUNI 2012

Asrul, peserta magang pada Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS. Pada Oktober 2011, Asrul diminta oleh Bapak Agoes Poernomo untuk mengerjakan beberapa kategori pekerjaan, yaitu: membuat review dan analisa, mewakili anggota untuk menghadiri diskusi publik dan membuat, membuat resume rapat-rapat terkait pembahasan RUU Pemilu di DPR RI. Karena tugas-tugas tersebut, maka Asrul dilibatkan secara intensif dalam diskusi-diskusi internal bersama Anggota dan Tenaga Ahlinya. Sementara itu, untuk media monitoring, fraksi PKS telah memiliki tim sendiri, sehingga Asrul tidak diminta secara khusus untuk melakukannya.

Review dan analisa
1. Membuat Slide Power Point tentang Naskah Akademik RUU Pemilu DPR, DPD, dan DPRD untuk membuat bahan tayang bagi rapat internal
2. Menerjemahkan Jurnal Ilmiah “Electoral Rules and Corruption” karangan Torsten Persson, Guido Tabellini dan Francesso Trebbi, terbitan European Economic Association

Mewakili anggota dalam diskusi publik
1. Mengikuti Konferensi tentang Penyelesaian Sengketa Pemilu yang diselenggarakan oleh Perludem, CETRO, dan Bawaslu. (6 Oktober 2011)
2. Mengikuti Peluncuran Buku Seri Demokrasi Perludem di Hotel Atlete Century Park. (11 Oktober 2011)

Menghadiri rapat di DPR
1. Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi dan Kepala BPKP, dan Kepala BKN (3 Oktober 2011 - Resume terlampir)
2. Rapat Dengar Pendapat Panja Mafia Pemilu Komisi II DPR RI dengan Bambang Wahyuhadi (6 Oktober 2011- Resume terlampir)
3. Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri Dan Menteri Hukum Dan Ham (12 Oktober 2011 - Resume terlampir).
4. Notulensi RDPU Pansus Ruu Pemilu Legislatif. Narasumber : Cetro dan Perludem (12 Oktober 2011 - Resume terlampir)
5. Rapat Pansus RUU Pemilu dengan KPU dan Bawaslu (13 Oktober 2011)
6. Rapat Dengar Pendapat Panja Mafia Pemilu Komisi II DPR RI Dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (19 Oktober 2011 - Resume terlampir).
7. Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI dengan Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Sekretaris BNPP, Bakosurtanal, Dir. Topografi Tni Ad, Dirjen Kelautan, Pesisir & Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan Dan Perikanan Dan Dirjen Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan (19 Oktober 2011- Resume terlampir).
8. RDPU Pansus RUU Pemilu dengan Lembaga Survey Indobarometer, Dewan Persdan LSI. KPU Propinsi dan Kabupaten. (20 Oktober 2011)
9. Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi II DPR RI dengan Tim Delegasi Pemekaran Calon Kabupaten Pangandaran – Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat (24 Oktober 2011 - Resume terlampir)
10. Raker Pansus RUU Pemilu dengan Mendagri dan Menkumham (26 Oktober 2011 - Resume terlampir)

NOVEMBER

Pada November 2011, Asrul diminta oleh Anggota untuk lebih mendalami sistem pemilu di berbagai negara. Karena itu, sebagian besar waktu internship selama November ini digunakan untuk mencari dan membaca berbagai literature terkait hal tersebut.

Selain itu, ada beberapa rapat di DPR yang diikuti oleh Asrul, yaitu:
1. RDPU Pansus RUU Pemilu Legislatif dengan PWI, dan AJI (17 November 2011).
2. RDPU Pansus RUU Pemilu Legislatif dengan Menteri Kominfo, Antara, Vivanews, Inilah.com, Detik.com, Metro TV, TVRI, dll , (23 November 2011)
3. RDPU Pansus RUU Pemilu Legislatif , Dirjen Bakesbangpol Kemdagri, dan Perludem, (24 November 2011)
4. RDPU Pansus RUU Pemilu Legislatif dengan Kepala BPPT dan Kepala BPS, Menteri Kominfo, Antara, Vivanews, Inilah.com, Detik.com, Metro TV, TVRI, dll, (30 November 2011)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About